Jumat, 18 Oktober 2013

MANFAAT MANDI BAGI KESEHATAN

Secara langsung, mandi memang membuat badan kita terasa lebih segar. Namun, dibalik itu semua ternyata mandi memiliki manfaat yang lebih besar. Sebuah penelitian mengungkapkan, mandi selain untuk membersihkan tubuh ternyata mandi juga memiliki peranan dalam meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembuhkan masalah medis yang serius.

Berikut beberapa khasiat lain dari mandi setiap hari :

1.  Mandi dapat memperbaiki kesehatan jantung.
Dengan air hangat dimana anda dapat berendam selama 10 menit dapat memperbaiki kesehatan jantung.

2.  Mandi sebagai antiseptik
Berdasarkan penelitian, baking soda dapat digunakan sebagai antiseptik terhadap penderita penyakit kulit seperti, gatal – gatal, eksema ( Peradangan kulit yang kering dan gatal) dsb. Caranya isi bak mandi anda dengan air hangat, tambahkan satu sendok baking soda dan aduk sampai rata kemudian dianjurkan anda dapat berendam selama kurang lebih 10 ~ 20 menit.

3.   Mandi dapat mengatasi insomnia ( Gangguan tidur )
Bagi anda yang memiliki masalah tidur dapat merendamkan kaki ke dalam air dingin.masukan kaki sampai kaki merasa dingin, hal ini juga berguna bagi kaki yang lelah, pendarahan hidung dan sembelit.

4.   Mandi dapat mengatasi Flu dan Sakit Kepala.
Hal ini dapat dilakukan dengan merendam kaki ke dalam air hangat, masukkan air secukupnya ke dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa Tetes minyak seperti Peppermint atau lemon dan lavender.setelah selesai bilas dengan air dingin dan bisa dilakukan selama 10 ~ 20 menit.

5.   Mandi dapat menurunkan tingkat gula darah.
Dengan berendam dalam bak air hangat selama kurang lebih setengah jam dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 %.

6.   Mandi berguna untuk mengeluarkan racun.
Dengan mandi air hangat pada suhu 32 – 25 derajat celcius dapat membuka poripori yang berguna untuk mengeluarkan racun, selai itu juga berfungsi membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10 ~ 20 menit.

7.   Mandi dapat menghilangkan stress
Selain mandi dengan air hangat teryata mandi dengan air dingin juga dapat membantu menghilangkan Stress karena ketegangan dan dianjurkan dalam temperatur 12 ~ 18 derajat Celcius. Nah hal ini kebalikan dari air hangat karena akan mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu untuk penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mandi air dingin.(kotasehat)


Semoga dapat bermanfaat bagi anda.Tetap jaga kesehatan 
selalu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar