Jumat, 05 April 2013

BIOGRAPHY SINGKAT - CHARLIE CHAPLIN



Sudah pernahkah anda mendengar atau tahu mengenai Charlie Chaplin, ia merupakan actor komedi dalam era film hitam putih. Bernama lengkap Sir Charles Spencer Chaplin, Jr. KBE dilahirkan di London tgl. 16 April 1889.
Dibesarkan didalam keluarga seniman,ayah dan ibunya merupakan artis penghibur dalam pertunjukan komedi. Darah seni mengalir dalam dirinya namun nasib malang hadir dalam hidupnya.Pada usia 3 tahun kedua orangtuanya memutuskan untuk bercerai dan setelah menginjak usia 12 tahun ayahnya meninggal serta tidak lama ibunya masuk ke dalam rumah sakit jiwa.Akhirnya bersama dengan saudaranya dia tinggal dalam penampungan orang miskin dan memcoba untuk bertahan hidup dengan meneruskan pekerjaan orang tuanya menjadi artis pertunjukan Komedi Music Hall.
Bakat akting alami yang bagus antara dia dan saudaranya membawa mereka semakin sering tampil di atas panggung. Pada tahun 1910 dia mulai ikut pertunjukan keliling di Amerika dibawah asuhan Fred Karno.Kemudian di akhir tahun 1913 seorang produser film terkesan dengan acting chaplin dan kemudian menawarinya kontrak untuk bermain film.dari hal ini banyak karya seni film – film Charlie chaplin yang fenomenal hingga kini salah satunya the Tramp ( Gelandangan ).
Hingga kini Charlie chaplin dikenal dengan salah satu pemeran film terkenal dalam sejarah film Hollywood sekaligus sutradara yang sukses. Serta dari Aktingnya yang baik menjadikannya artis pantomime dan badut yang sering dijadikan panutan dalam bidang yang sama.  .
Dengan Kehidupan Chaplin yang penuh dengan pasang surut, mulai dari masa kecil yang dibalut kemiskinan, hingga tiba di puncak ketenaran bintang Hollywood sekaligus simbol budaya. Hingga Kehidupan pribadinya yang gemerlap mengundang banyak sanjungan sekaligus kontroversi dari berbagai kalangan kala itu.Beliau terus berkarya hingga meninggal pada usia 88 tahun di Swiss pada tanggal 25 Desember 1977.Perjuangan hidup dan kerja kerasnya patut untuk kita teladani.(Fra)

Sumber data :
a. www.wikipedia.org ( Eksiklopedia bebas )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar