Jumat, 18 Oktober 2013

MANFAAT JAGUNG

Jagung, saya yakin anda sekali atau beberapa kali sudah pernah mencoba makanan dari Jagung. Jenis sayuran yang mudah didapat dimana – mana dan harganya cukup ekonomis. Akan tetapi kebanyakan dari kita belum tahu apa saja sebenarnya manfaat yang terkadung dalam jagung bagi kesehatan, berikut diantaranya :

1. Jagung merupakan sumber mineral.
Beberapa macam mineral yang terkadaung dalam sebutir jagung antara lain Magnesium, Besi , Tembaga serta fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang.Dari beberapa zat tersebut Fosfor berguna untuk meningkatklan fungsi normal ginjal dan mampu mencegah tulang dari keretakan.

2. Jagung dapat membantu melancarkan pencernaan
Serat yang terkandung dalam jagung dapat mencegah sembelit, wasir atau bahkan dapat membantu menurunkan resiko kanker usus besar.

3. Jagung membantu perawatan kulit
Pada Jagung terkandung antioksidan yang dapat membantu kulit tetap muda lebih lama.Pati jagung  dapat juga digunakan untuk menenangkan ruam dan iritasi kulit.Selain sebagai makanan dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya akan asam linoleat.

4. Jagung dapat mencegah anemia
Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang jauh karena kurangnya zat besi,. Jagung manis sangat bermanfaat dalam hal ini karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang berguna untuk mencegah anemia.

5. Jagung dapat membantu mengontrol kolesterol
Jagung Manis Mengandung Vitamin C, Karoteid dan Bioflavinoids dimana zat – zat gizi tersebut dapat menjaga kesehatan jantung anda dengan mengendalikan kadar kolesterol serta meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Jagung dapat mengurangi Diabetes dan Hipertensi
Jagung mengandung Phytochemical fenolik dimana dapat bekerja secara efektif mengurangi diabetes dan hipertensi.

7. Jagung berperan penting selama  masa kehamilan.
Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya. Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi.


Semoga bermanfaat bagi anda, tetap jaga kesehatan selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar