Senin, 20 Mei 2013

MANFAAT BUAH BENGKOANG



Bengkoang merupakan tumbuhan dari daerah tropis yang memiliki nama latin pachyrizus erosus.Panjang akarnya bisa sampai 4 – 5 meter. Selain buahnya dari beberapa sumber bacaan menyebutkan bahwa bagian lainya mengandung racun dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Berikut manfaat dari buah Bengkoang bagi kesehatan :
1.   Bengkoang dapat menyembuhkan sariawan.
Dalam bengkuang terkadung Vitamin C yang cukup tinggi dan hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan terhadap sariawan, selain itu Vitamin C dalam bengkoang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

2.   Bengkoang dapat membantu menurunkan demam
Sifat kimiawi pada bengkuang berkhasiat mendinginkan dan dapat digunakan untuk membantu menurunkan demam.

3.   Bengkoang baik untuk penderita diabetes
Bengkoang mempunyai rasa manis yang berasal dari suatu Zat oligosakorida yang disebut dengan nama Inulin (pati sayuran). Inulin ini dapat digunakan sebagai pennganti gula serta penurun kalori makanan. komponen ini tidak dapat dicerna enzim dalam usus manusia, sehingga melewati mulut dan usus tanpa di metabolisme. dalam usus besar barulah insulin mengalami fermentasi oleh mikroflora usus menjadi asam lemak dan laktat, dengan hasil samping berupa biomassa bakteri dan gas. Karena sifat yang tidak tercerna ini inulin cocok dikonsumsi penderita diabetes.

4.   Bengkoang dapat mengobati penyakit beri – beri.
Salah satu zat gizi yang terkandung pada bengkoang adalah Vitamin B1 (thiamin) dan dengan zat gizi ini dapat mengobati penyakit Beri – beri ( Akibat kekurangan Vit. B1 / Thiamin ).

5.   Bengkoang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.
Bengkuang mengandung Zat besi dimana mempunyai peran penting dalam kesehatan tubuh kita. Salah satu fungsi utamanya adalah transportasi utama dala mendistribusikan Oksigen ke seluruh tubuh, selain itu juga berperan dalam memproduksi hemoglogin dan mensupport kekebalan tubuh.

6.   Bengkoang dapat mengurangi Efek manopouse pada Wanita
Bengkoang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung fitoestrogen dimana sangat diperlukan seorang wanita ketika memasuki masa menopause sehingga membantu mengurangi timbulnya keriput dna penuaan organ – organ tulang.

7.   Bengkoang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan.
Salah satu zat gizi yang terkandung dalam Bengkuang adalah inulin dan sifat penting dari inulin adalah sebagai serat makanan dan berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah.

8.   Bengkoang dapat mengobati penyakit ginjal dan empedu.
Pada buang bengkoang terkandung potassium dan fosfor yang bermanfaat untuk mengobati penyakit batu ginjal dan empedu.

9.   Bengkoang dapat berguna untuk menurunkan berat badan.
Pada bengkoang tidak mengandung lemak hanya serat dan air sehingga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

Demikian hal yang dapat saya bagikan mengenai Manfaat Buah Bengkoang, semoga dapat bermanfaat bagi anda.


1 komentar: