Jumat, 18 Oktober 2013

PILEK DAN PENCEGAHANNYA

Flu dan pilek merupakan salah satu penyakit musiman yang mudah menular apalagi disaat musim yang tidak menentu.(kadang panas dan tiba – tiba hujan).

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips mencegah serta mengatasi Flu atau pilek sehingga kesehatan dan aktifitas anda tetap dapat berjalan lancar.diantaranya :

1.   Mengkonsumsi Minuman hangat.
Banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat saat flu menyerang. Oleh karena itu sangat disarankan anda mengkonsumsi banyak air. Khususnya minuman hangat atau agak panas karena hal ini dapat membantu meredakan hidung mampet, mencegah dehidrasi dan melegakan radang tenggorokan.

2.   Berkumur.
Tenggorokan juga akan terganggu ketika flu menyerang,untuk itu cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan bahan rempah – rempah seperti kencur, jahe, kunyit atau bisa juga garam mineral, cuka apel. Disarankan anda lakukan empat kali dalam sehari agar tenggorokan terasa lebih ringan.

3.   Mencoba menghembuskan Angin melalui lubang hidung
Ketika hidung tersumbat terasa begitu menyiksa, untuk itu alangkah baiknya anda mencoba menutup satu lubang hidung anda dan hembuskan angin kuat – kuat dari lubang hidung yang satunya dan coba lakukan bergantian agar Ingus yang menyumbat dapat keluar, dan jangan terlalu kuat dalam menghembuskan karena akan menyakiti hidung anda.

4.   Mengkonsumsi buah dan sayur
 Dengan mengkonsumsi buah serta sayuran dapat memenuhi asupan Vitamin dan mineral yang sangat penting apalagi ketika kondisi tubuh kurang begitu bagus, hal ini bertujuan untuk memperkuat system kekebalan tubuh.

5.   Beristirahat total
Saat kondisi system kekebalan tubuh sedang tidak fit atau melemah , Flu atau pilek lebih mudah menyerang dan untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh anda, anda bisa beristirahat total dengan mengusahakan tubuh anda tetap hangat ( gunakan selimut serta oleskan minyak kayu putih ) ketika anda tidur. Ketika akan tidur, posisikan kepala anda lebih tinggi dari dada untuk mengurangi pembentukan lendir/Ingus, Gunakan bantal ganda dan coba tidur menghadap ke langit – langit.

6.   Mengunakan Aroma Mentol pada Lubang hidung
Aroma mentol bisa anda dapatkan pada minyak kayu putih atau balsem,oleskan secukupnya di dekat lubang hidung anda, mungkin awalnya akan terasa sedikit panas namun hal ini dapat membantu hidung tersumbat dan mencegah iritasi disekitar lubang hidung.


Demikian beberapa tips singkat mencegah dan mengatasi serangan Flu atau Pilek. Semoga berguna bagi anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar