Senin, 20 Mei 2013

MANFAAT KUNYIT BAGI KESEHATAN


Kunyit atau biasa juga disebut kunir mempunyai nama latin Curcuma longa linn syn Curcuma domestica Val. Tanaman ini selain digunakan sebagai bumbu dapur juga dapat sebagai obat.

Kandungan Kunyit antara lain adalah kurkuminoid di yang merupakan pembentukan dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, 1-5% bisdesmetoksikurkumindan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen,turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Selian itu juga tanaman kunyit juga mengandung 1 -3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta jenis garam-garam mineral lainya seperti zat besi, fosfor, danupkalsium.

Adapun manfaatnya bagi kesehatan antara lain :
1.   Kunyit dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Kunyit memeiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh sehingga mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2.   Kunyit dapat mencegah terjadinya trombosis.
Kunyit dapat digunakan sebagai antikoagulan alamai yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya Trombosis ( Proses koagulasi dalam pembuluh darah yang berlebihan sehingga menghambat aliran darah atau bahkan menghentikan aliran darah ).

3.   Kunyit dapat mencegah kanker.
Kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang memiliki kemampuan untuk menghambat laju pertumbuhan pembuluh – pembuluh darah baru.

4.   Kunyit dapat mengurangi rasa nyeri.
Kunyit memiliki sifat analgesic alami yang dapat menguragi rasa nyeri dan antiinflamasinya dapat mengobati arthritis danrhematoid arthritis.

5.   Kunyit dapat digunakan sebagai Obat.
Sesuai dengan literature atau sumber yang pernah say abaca menyebutkan bahwa :
a. Kunyit dapat mengobati diabetes mellitus
b. Kunyit dapat mengobati sakit perut ketika saat haid.
c. Kunyit dapat mengobati sakit maaq dan sakit tifus.
d. Kunyit dapat mengobati sakit cangkrang (Waterproken)
e. Kunyit dapat mengobati berak lender (Disentri)
f. Kunyit dapat mengobati mencret
g. Kunyit dapat memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Semoga dapat menambah wawasan kesehatan anda.

7 komentar: