Kamis, 16 Mei 2013

MANFAAT BUAH NANAS


Buah Nanas berasal dari Amerika latin dan memiliki nama Ananas Comosus dari suku Bromeliaceae. Buah ini tumbuh subur di daerah tropis khususnya Indonesia.Buah Nanas kaya akan Vitamin A dan C dimana bersifat antioksidan, juga terkandung kalium, fosfor, magnesium, Zat Besi, Natrium, Thiamin , kalium dan gula buah (Sukrosa) serta enzim bromelain yang dapat bekerja sebagai pemecah protein.

Adapun manfaatnya bagi kesehatan antara lain :

1. Buah Nanas dapat mengobati Asam Urat.
 Pada buah Nanas terkandung Enzim bromelain serta kalium yang membuat nanas bersifat iuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat.Namun perlu diperhatikan juga untuk tidak mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya dapat mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

2. Buah Nanas menurunkan berat badan.
Salah satu enzim yang terkadung dalam buah nanas adalah enzim proteaolitik dapat menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses.serta Vitamin C nya juga dapat membantu proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di tubuh.

3. Buah Nanas dapat mengatasi ganguan pencernaan.
Buah Nanas juga mengandung serat serta Vitamin C yang dapat membantu mengatasi sembelit dan menghambat penyerapan lemak yang kemudian dibuang keluar oleh tubuh.

4. Buah Nanas dapat membantu mengatasi tekanan Darajh tinggi.
Buah nanas mengandung Kalium dimana bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di salurn cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah.

5. Buah Nanas dapat membantu memperkuat tulang
Buah Nanas kaya akan mangan dan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Selain itu mengkonsumsi Nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.

6. Buah Nanas dapat meredakan batuk dan pilek
Ketika anda terserang batuk dan pilek, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah Nanas karena Zat atau enzim bromelain yang ditemukan dalam nanas menurut sebuah penelitian  dapat membantu menekan batuk dan melonggarkan lender.

Demikian beberapa manfaat dari buah Nanas , namun perlu diperhatikan juga dalam mengkonsumsinya terlalu berlebihan ada beberapa efek samping yaitu :

a. Ibu yang hamil muda sebaiknya tidak memakan Nanas secara berlebihan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang berdampak keguguran.
b. Nanas yang dikonsumsi sebaiknya dikupas dahulu lalu dibuang bagian matanya kemudian dicuci dengan air garam karena Kadar asam osalat yang cukup tinggi pada Nanas dapat menimbulkan rasa gatal di tengorokan ketika dimakan.
c. Pada beberapa orang yang sensitif bisa mengalami gangguan lambung dan iritasi kulit.

Semoga hal ini dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi kesehatan anda.

 


2 komentar:

  1. thanks atas infonya gan, sangat bermanfaat.

    http://lobbyinfo.blogspot.com
    http://lobbyinfo.blogspot.com/2013/05/manfaat-buah-nanas-bagi-kesehatan.html

    BalasHapus
  2. Buah nanas banyam manfaatnya teman. Yang penting jangan dimakan oleh ibu hamil ya....
    menang BERSAMA
    Hidup Adalah Perjuangan

    BalasHapus